Berkenalan Dengan Google Cloud Platform

Berkenalan dengan Google Cloud Platform atau yang disingkat GCP adalah kumpulan layanan Cloud Computing yang ditawarkan Google. Dengan menggunakan layanan GCP sebenarnya kita menggunakan mesin yang sama persis digunakan Google untuk keperluan internalnya seperti Google Search, Gmail, Youtube.

Bayangkan kita menyimpan aplikasi yang telah dibuat di sebuah Cloud yang memiliki kemampuan setara server Gmail, canggih bukan?

Serverless, lupakan instalasi berbagai macam software web server, database, firewall, dependency, karena semua telah ditangani oleh Google, kita tinggal fokus pada pembuatan aplikasi, deploy ke GCP dan selesai.

Layanan Google Cloud Platform

gambar layanan google cloud platform
Berbagai macam layanan Google Cloud Platform

Terdapat banyak sekali layanan GCP yang tersedia, namun pada artikel ini saya hanya akan sedikit mengulas layanan yang biasa saya gunakan.

  • Google App Engine, dengan layanan ini anda dapat mempublikasikan aplikasi seperti PHP, Java, Node.js, Python, dan sebagainya tanpa perlu repot mengurus berbagai macam software pendukung dan konfigurasi server (serverless).
  • Google Computer Engine, dengan layanan ini anda dapat memiliki infrastruktur Cloud Computing dalam bentuk virtual machine, saya sendiri menggunakan ini untuk membuat web server khusus WordPress dengan OS Ubuntu dilengkapi software pengelola panel yaitu Vesta CP, tutorial install Vesta CP dapat anda lihat disini.
  • Google Cloud SQL, sesuai namanya layanan ini menyediakan database SQL, saya sendiri mengkombinasikan layanan ini untuk aplikasi Laravel dengan Google App Engine sebagai hostingnya dan Google Cloud SQL sebagai databasenya.
  • Google Cloud DNS, layanan ini saya gunakan untuk membuat nameserver yang digunakan untuk mengarahkan domain saya ke server atau layanan GCP lainnya.
  • Firebase, layanan ini untuk menghosting konten statis seperti HTML, JavaScript, CSS, layanan ini saya gunakan untuk menghosting aplikasi Node.JS sedangkan databasenya menggunakan Firestore.
  • Firestore, adalah layanan database NoSQL dan menyediakan fitur realtime database, saya pernah menggunakan ini untuk aplikasi live chat yang membutuhkan akses database yang cepat secara realtime.

Kesimpulan

Layanan GCP bersifat skalabel artinya ketika aplikasi anda berkembang semakin besar, membutuhkan resource lebih besar anda akan dapat lebih mudah memperbesar resource yang dibutuhkan.

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh GCP oleh karena itu anda perlu berkenalan dengan Google Cloud Platform dengan cara praktek.

Mempelajarinya secara langsung dengan studi kasus yang nyata, sehingga akan terasa sekali perbedaan berbagai layanannya. Anda bisa langsung menganalisis mana layanan yang cocok untuk proyek A, layanan yang cocok untuk proyek B.

Anda bisa mempelajarinya dengan mudah dan gratis karena Google menyediakan akses gratis berupa kredit senilai $300. Kredit tersebut dapat digunakan selama 1 tahun, menarik bukan?, tips untuk mendapatkan kredit gratis tersebut akan saya bahas dilain waktu.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan